[Video] Siapa Tuhan Sebenarnya?

Bismillahirrahmanirrahim.

Petikan transkrip video “Siapa Tuhan Sebenarnya?”

Jawaban terbaik yang dapat diberikan muslim manapun berkenaan dengan definisi dari Allah Subhanahu wa ta’ala, definisi dari Tuhan, ada dalam surah Al-Ikhlas [112] ayat 1-4 yang berbunyi :

“katakanlah : “Dia-lah Allah, Yang MahaEsa. Allah yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakan. Tiada yang setara dengan-Nya”

Inilah 4 kalimat tentang Allah Subhanahu wa ta’ala yang ada dalam Al Quran. Jika ada orang yang mengatakan bahwa si fulan bin fulan adalah Tuhan, dan jika kandidat tersebut cocok dengan 4 definisi dalam kalimat ini, maka kami sebagai muslim tidak masalah dan menerima kandidat tersebut sebagai Tuhan.

Yang pertama adalah, “qul huwa allahu ahad – Katakanlah : ”Dia-lah Allah, Yang MahaEsa,”

Yang kedua, “allahu shshamad – Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu,”

Yang ketiga, “lam yalid walam yuulad – Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakan,”

Yang keempat, “walam yakun lahu kufuwan ahad – dan tidak ada yang setara dengan Dia.”

Ini adalah 4 kalimat tentang Allah Subhanahu wa ta’ala, tentang Tuhan yang ada dalam Quran di Surah Ikhlas [112] : 1-4. Surat Ikhlas ini kami sebut sebagai pondasi dari teologi. “Teo” berarti “Tuhan”, “logi” berarti “studi”. Surah Ikhlas adalah pondasi dari studi tentang Tuhan.

Kau sebagai contoh…

Misalnya, kau ingin menjual perhiasan emas. Dan jika kau ingin tahu seberapa murni emas itu, apa yang kau lakukan? Kau akan pergi ke tukang emas. Tukang emas mengambil sebuah batu Lydian dan menggosok emas itu dengannya, membandingkan warnanya, dan memberitahumu “ini adalah emas 24 karat” atau dia mungkin berkata “ini emas 22 karat” atau dia mungkin berkata “ini emas 18 karat” atau mungkin dia berkata “ini bukan emas sama sekali”, karena setiap yang berkilau belum tentu emas. Begitu juga surah Ikhlas adalah pondasi dari teologi. Apapun yang kau sembah, ujilah dengan surah Ikhlas. Jika Tuhan itu lulus ujian surah Ikhlas, dia adalah Tuhan sejati, selain itu dia tuhan palsu.

  1. Qul huwa allahu ahad. Mari kita tempatkan Bhagwan Rajneesh ke dalam tes surah Ikhlas. Ada banyak orang yang menganggap Bhagwan Rajneesh sebagai tuhan. Pernah pada saat sesi tanya-jawab, ada seorang Hindu yang memberitahuku, “Kami tidak menganggap Bhagwan Rajneesh sebagai tuhan” dan aku katakana padanya, “Aku tahu bahwa orang Hindu tidak mempercayai Bhagwan Rajneesh sebagai tuhan, karena kitab Hindu tidak pernah mengatakan bahwa Bhagwan Rajneesh adalah tuhan. Tapi banyak orang yang berkata bahwa Bhagwan Rajneesh adalah tuhan”. Mari kita tempatkan Bhagwan Rajneesh pada test surah Ikhlas.

Selanjutnya, silakan anda mengunduh video tersebut yang berdurasi 08 menit 58 detik dan dijadikan koleksi pribadi atau sarana dakwah komparasi religion anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s