Kebatilan itu Pasti Lenyap dengan Datangnya Kebenaran

Kebatilan pasti lenyap

Jama’ah Jum’ah rahimakumullah… Sesungguhnya yang dapat menyingkap sebuah kebatilan yaitu hanyalah dengan mendatangkan al-Haq (kebenaran). Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman,

(وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۚ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا)

“Dan katakanlah, yang benar telah datang dan yang batil pasti akan lenyap, sungguh yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap”. (QS. Al-Israa’ 17 : 81)

Imam Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya,

وَقَوْلُهُ: {وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا}

Dan firman-Nya, “Dan katakanlah, yang benar telah datang dan yang batil pasti akan lenyap, sungguh yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap,”

 تَهْدِيدٌ ووعيد لكفار قريش؛ فإنه قد

جَاءَهُمْ مِنَ اللَّهِ الْحَقُّ الَّذِي لَا مِرْيَةَ فِيهِ وَلَا قِبَلَ لَهُمْ بِهِ، وَهُوَ مَا بَعَثَهُ اللَّهُ بِهِ مِنَ الْقُرْآنِ وَالْإِيمَانِ وَالْعِلْمِ النَّافِعِ.وزَهَقَ بَاطِلُهُمْ، أَيِ اضْمَحَلَّ وَهَلَكَ، فَإِنَّ الْبَاطِلَ لَا ثَبَاتَ لَهُ مَعَ الْحَقِّ وَلَا بَقَاء

“Yang demikian itu sebagai ancaman keras bagi orang-orang Kafir Quraisy. Sesungguhnya telah datang kepada mereka kebenaran yang tidak diragukan lagi, yaitu Al-Qur’an yang telah diturunkan Allah kepada beliau berupa iman, ilmu, yang bermanfaat. Dengan demikian lenyap dan binasalah kebatilan mereka, karena kebatilan itu tidak akan pernah dapat berdiri tegak dan bertahan lama dengan kebenaran (al-Haq)”.

Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman,

َ {بَلْ نَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَى الْبَاطِلِ فَيَدْمَغُهُ فَإِذَا هُوَ زَاهِقٌ} [الْأَنْبِيَاءِ: ١٨] .

“Sebenarnya kami mendatangkan yang haq (kebenaran) kepada yang bathil, lalu yang haq itu menghancurkaanya, maka seketika itu yang bathil lenyap”. (QS. Al-Anbiya’ 21 : 18)

وَقَالَ الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيح، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ أَبِي (١) مَعْمر، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَحَوْلَ الْبَيْتِ سِتُّونَ وَثَلَاثُمِائَةِ نُصُبٍ، فَجَعَلَ يَطْعَنُهَا بِعُودٍ فِي يَدِهِ، وَيَقُولُ: {جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا} ، جَاءَ الْحَقُّ وَمَا يُبْدِئُ الْبَاطِلُ وَمَا يُعِيدُ” (٢)

Imam Bukhari berkata telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ibnu Abiy Najiih dari Mujahid dari Abiy Ma’mar dari Abdullah bin Mas’ud dia berkata, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memasuki kota Mekkah sedang di sekitar Baitullah terdapat 360 patung, maka beliaupun menghancurkan dengan tongkat yang dibawanya seraya berucap,

{جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا}

“Dan katakanlah, yang benar telah datang dan yang batil pasti akan lenyap, sungguh yang bathil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap”.

Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman,

 ، قل جَاءَ الْحَقُّ وَمَا يُبْدِئُ الْبَاطِلُ وَمَا يُعِيدُ”

“Katakanlah kebenaran telah datang dan yang bathil itu tidak akan memulai dan tidak pula akan kembali lagi”. (QS. Saba 34 : 49). Semua penjelasan di atas bersumber dari tafsir Ibnu Katsir.

Ikhwani fillah jama’ah Jum’ah rahimakumullah…, kalau Khilafah Islamiyah hari ini yang telah tegak, yang dipimpin oleh Amirul Mukminin Abu Bakar Al-Baghdadi hafidzahullah berdiri diatas landasan kebathilan, maka kekhilafahan ini akan hancur sampai ke akar-akarnya. Namun jika khilafah ini berdiri diatas al-Haq, maka Allah Ta’ala yang akan menjaganya.

Telah kita ketahui bersama begitu banyak orang-orang yang berteriak dengan mengatakan itu Khilafah Khawarij, itu Daulah Khawarij, itu Daulah bathil, mereka merampas hak umat, pemimpinnya Al-Baghdadi seorang intelejen, seorang mantan partai Ba’ats, tidak jelas nasabnya, dan masih banyak lagi fitnah yang mereka lontarkan dari mulut-mulut mereka yang penuh dengan kebencian dan kedengkian kepada Khilafah ini dan Amirul Mukminin Abu Bakar Al-Baghdadi.

Jika orang-orang yang berteriak dengan slogan keraguan dan syubhat itu mengiginkan Khilafah ini hancur, sebagaimana yang keluar dari mulut-mulut mereka, maka aku akan memberitahukan cara menghancurkannya kepada kalian, yaitu datangkan al-Haq (kebenaran), maka Khilafah yang bathil ini menurut mereka pasti akan hancur berkeping-keping.

Tetapi kalau mereka tidak bisa mendatangkan al-Haq, itu menandakan bahwa Khilafah Islamiyah bersama al-Haq, dan mereka berada di atas kebathilan.

Maka ketahuilah, Khilafah Islamiyah ini yang berdiri tegak diatas al-Haq tidak akan bisa dihancurkan dengan syubhat dan keraguan yang ada pada mereka.

Akan tetapi kalau mereka diselimuti keraguan dan syubhat akan kebenaran Khilafah Islamiyah ini, maka yang lebih baik bagi mereka menyadari kesalahannya dan tapakilah jalan kebenaran, niscaya mereka akan selamat. Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman,

(وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۚ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا)

“Dan katakanlah, yang benar telah datang dan yang batil pasti akan lenyap, sungguh yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap”. (QS. Al-Israa’ 17 : 81)

Shalawat serta salam senantiasa selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam bish-shawab.

Oleh : Ustadz Fauzan al-Mubarok

Sumber : Manjanik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s