Berangkatlah Kamu Baik Dalam Keadaan Ringan Maupun Berat

Pidato Khalifah

Bismillahirrahmanirrahim.

Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, meminta pertolongan-Nya, dan memohon ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah berikan petunjuk, maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya; dan barangsiapa yang telah Allah sesatkan, tidak ada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi tiada Ilah yang berhak diibadahi selain Allah, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Amma ba’du.

Allah azza wa jalla, berfirman, {Diwajibkan atas kamu untuk berperang, padahal itu tidaklah menyenangkan bagimu,} [Al Baqarah: 216].

Dan Dia yang Maha Suci berfirman, {Hendaklah orang-orang yang menjual kehidupan dunia untuk akhirat berperang di jalan Allah. Dan barangsiapa yang berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperoleh kemenangan, maka akan Kami berikan ia pahala yang besar,} [An Nisa’: 74].

Dan Allah Ta’ala berfirman, {Hai orang-orang yang beriman, mengapa apabila dikatakan kepada kalian, ‘Berangkatlah (untuk berperang) di jalan Allah’, kamu merasa berat dan tinggal di tempatmu? Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia ketimbang kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini dibanding kehidupan akhirat hanyalah sedikit. Jika kamu tidak berangkat (untuk berperang), niscaya Allah akan menghukummu dengan azab yang pedih dan menggantikanmu dengan kaum yang lain, dan kamu tidak akan merugikan-Nya sedikitpun. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu,} [At Taubah: 38-39].

Dan Dia yang Maha Suci berfirman, {Dan orang-orang yang gugur di jalan Allah, Allah tidak menyianyiakan amal mereka. Allah akan memberi petunjuk pada mereka, dan memperbaiki keadaan mereka, dan memasukkan mereka ke dalam surga yang telah diperkenankan-Nya bagi mereka,} [Muhammad: 4-6].

Wahai muslimin, wahai kalian yang ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agamanya, dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai Nabi dan Rasulnya. Wahai kalian yang bersaksi bahwasanya tiada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah utusan-Nya. Kata-kata saja tidaklah cukup tanpa adanya amal, karena sesungguhnya tidak ada keimanan jika tiada realisasi amal perbuatan.

Oleh karenanya, siapapun yang menyatakan, “Allah adalah Rabb-ku,” maka menjadi kewajiban baginya -jika dia benar-benar jujur dengan pernyataannya- untuk mematuhi Allah yang telah memerintahkan kita untuk berperang, yakni telah Dia wajibkan hal itu pada siapapun yang beriman kepada-Nya, memerintahkan untuk berjihad di jalan Allah, dan menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang mentaati perintah-Nya, dan memberikan peringatan bagi mereka yang tidak mematuhi-Nya. Dan bagi siapapun yang mengatakan, “Nabiku adalah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam,” telah menjadi kewajiban untuknya -jika dia jujur dalam pernyataannya itu- untuk mengikuti teladan dari sang Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam. Dimana beliau pernah bersabda, “Demi Dzat yang Jiwa Muhammad berada di tanganNya, jika bukan karena khawatir akan menempatkan kesulitan pada umat Islam, aku tidak akan pernah tinggal di belakang ketika pasukan berangkat untuk berperang di jalan Allah. Tapi aku tidak menemukan cara lain sehingga mereka dapat menemaniku, mereka juga tidak senang dengan tinggal di belakang ketika aku pergi. Demi Dzat yang Jiwa Muhammad berada di tanganNya, sungguh aku ingin beperang di jalan Allah, lalu aku terbunuh kemudian aku berperang dan terbunuh kemudian aku berperang dan terus terbunuh,”.

Lantas, dimanakah ketaatan kalian wahai kaum Muslimin terhadapan perintah dari Rabb kalian, yang dalam satu ayat memerintahkan kalian untuk berpuasa, dan dalam puluhan ayat memerintahkan kalian untuk berjihad dan berperang? Dimana kepatuhan kalian pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang kalian jadikan sebagai teladan hidup, sementara seluruh hidup Rasulullah didedikasikan untuk menjadi seorang Mujahid di jalan Allah untuk memerangi musuh-musuh Nya? Gigi gerahamnya copot dalam pertempuran, dahinya terluka, baju besinya merobek pipinya, helm (perang) di kepalanya, dan darah mengalir di wajahnya. Semoga ayahku, ibuku, aku, dan semua umat manusia dikorbankan untuknya.

Wahai kaum Muslimin, wahai kalian yang mengaku mencintai Allah azza wa jalla, dan menyatakan diri mencintai nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam. Jika kalian jujur dengan pernyataan kalian itu, maka patuhilah kekasih kalian dan berjuanglah di jalan Allah, teladanilah Nabi tercinta shallallahu ‘alaihi wasallam, dan janganlah kalian mati kecuali sebagai seorang mujahid di jalan Allah.

{Alif, Lam, Mim. Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami beriman,” dan mereka tidak akan diuji? Sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, dan Allah pasti mengetahui mereka yang jujur, dan Dia pasti mengetahui mereka yang berdusta. Ataukah orang-orang yang melakukan perbuatan jahat mengira mereka dapat luput dari (azab) Kami? Sangat buruklah apa yang mereka kira. Barang siapa mengharap pertemuan dengan Allah, maka sungguh waktu yang telah ditetapkan oleh Allah pasti akan datang. Dan Dia Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui. Dan barang siapa berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu untuk dirinya sendiri. Sungguh Allah Maha Kaya, tidak memerlukan sesuatu dari seluruh alam} [Al-Ankabut: 1-6]. {Berangkatlah kamu baik dalam keadaan ringan ataupun berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,} [At Taubah: 41].

Wahai kaum muslimin, sesungguhnya, peperangan di jalan Allah subhanahu wa ta’ala ini adalah pertempuran antara kebenaran dan kebatilan yang akan terus berlanjut sampai datangnya hari kiamat. {Dan kamu tidak akan mendapati perubahan pada Sunnah Allah} [Al Ahzab: 62].

Dan seterusnya…

Silakan anda unduh Pidato Sang Khalifah yang berjudul “Berangkatlah Kamu Dalam Keadaan Ringan Maupun Berat” dalam format .pdf berisi 12 halaman dengan ukuran file 618 kb. klik disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s